Murah Meriah VS Mahal Maksimal

Foto: @yoyoyokoyama

Bayangkan kaos partai!
Sudah?

Sekarang bayangkan kaos Supreme!
Sudah? 


Belum?


Apa?


Belum pernah nyobain? 
Sama!

Ada rentang harga dan kualitas dalam produksi kaos, mulai dari yang murah hingga yang mahal maksimal, tapi tetap ya maksimalnya nggak akan tidak terhingga, harga produksi biasanya mentok-mentok aja kok, lain cerita dengan harga jual ya.

Dari sekian pilihan varian harga kaos dan speknya, sekarang kita bingung kapan harus produksi dengan harga yang mahal atau yang murah.
Jika belum bosan membaca artikel ini, silakan lanjutkan membaca. Kami menyimpulkan beberapa teori yang mudah-mudahan bisa jadi insight untuk anda.

Secara fungsi kaos ini memiliki peran bermacam-macam saat dilempar ke publik, seperti pada paragraf di atas, ada kaos untuk keperluan brand clothing dari yang grosiran hingga kaos super premium, ada juga kaos untuk yang diberikan cuma-cuma kepada publik.

1. Kaos Clothing/Brand.

Kaos ini dalam konteks komersial punya kepentingan untuk dijual kembali, berharap mendapatkan profit saat aktifitas itu dilakukan, apalagi saat dibenturkan dengan citra tertentu yang dibangun oleh brandnya, maka kualitasnya mau nggak mau harus mengikuti. 

Maka menjadi konsekuensi logis, jika semua variabel yang melekat untuk menjadikan sebuah kaos hanya dipilih yang terbaik saja. Kain yang paling bagus, sablonan yang paling oke, aksesoris yang baik juga, plus value non fisiknya tentu saja, misalnya dengan kaos itu anda jadi merasa lebih keren dan gaul. Biasanya harga jual juga nantinya lumayan. Memang masuk akal.

Logika yang sama berlaku juga jika misalnya kaosnya akan dijual dalam format grosir ekonomis, banderol murah tapi menggenjot volume penjualan yang tinggi. Misalnya bahannya dengan kualitas standar saja, tapi sablon tetap bagus dan aksesoris juga dipilih tetap memukau. Harga rendah, laba rendah, tapi angka penjualan tinggi. Masuk akal juga.

2. Kaos Promo/event

Kategori ini kepentingannya hanya untuk promosi, ini seperti flyer dalam bentuk kaos, mungkin hanya digunakan saat event, atau jikapun tetap dipakai pada aktifitas lain, publik hanya memakainya tanpa tendensi apapun (misalnya agar merasa keren), murni karena kain sudah berbentuk kaos, hanya fungsi pakai saja.

Kaos ini karena memang didistribusi secara gratis dan apalagi jika diproduksi dalam jumlah yang besar, customer biasanya menuntut harga yang rendah. Vendor tentu saja akan mengutak-atik speknya agar masuk budget, bahan baku kain disesuaikan, kualitas sablon mengikuti juga, begitu jahitan, packing dan sebagainya.

3. Giveaway

Kategori ini sebetulnya bisa masuk ke kategori nomer 2, tapi mungkin konteks yang kami bahas akan rada berbeda. 
Skenarionya, bayangkan misalnya jika anda adalah pemilik toko sepatu branded nan original, lalu sewaktu-waktu ingin memberikan bonus kepada customer loyal anda yang telah mengeluarkan banyak uang untuk berbelanja dari toko anda, fix! anda akan menghadiahi mereka kaos dengan desain tulisan nama toko anda di bagian depan dan tagline toko anda di bagian belakang. Kualitas manakah yang akan anda pilih? kualitas kategori nomer 1 atau nomer 2?
.
.
Hah! apa? nomer 2?
Pelit banget anda ini hehe...

Tentu saja anda akan memilih kualitas terbaik, sebab sekalipun distribusinya adalah gratis, tapi kaos ini akan mewakili brand yang anda miliki.
Lalu bagaimana jika toko anda cuma berjualan barang KW? kami sarankan tetaplah menggunakan kualitas terbaik, ini bukan lagi tentang toko anda berjualan apa, tetapi anda sedang memprioritaskan konsumen anda. 

4. Kaos partai

Khusus yang ini sepertinya ngga usah ditanya ya, kuantiti besar karena kepentingan coverage yang besar juga, budget super ketat, pilihannya 99% akan jatuh ke kaos yang sangat murah.

Itulah rangkuman kategorisasi kaos versi kami, paling tidak bisa menjadi bekal pengetahuan anda saat akan mengorder kaos. Semacam rasionalisasi kenapa kaos yang akan anda buat harus berada di harga dan kualitas tertentu.

SSalam.


Pemandangan dari sudut tempat potong di konveksi
Foto: @yoyoyokoyama

Murah Meriah VS Mahal Maksimal Murah Meriah VS Mahal Maksimal Reviewed by TUKANG SABLON KEREN on August 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.