Siapa Bilang Ukuran tidak Penting?

Dalam banyak kejadian, saat anda memesan kaos dan tidak menginstruksikan secara spesifik ukuran desainnya, maka kebanyakan konveksi akan bertanya langsung atau menentukan sendiri dengan ukuran default yang biasa mereka pakai. Sebagai contoh di konveksi S&S ukuran desain depan yang reguler itu kami set di lebar 28 cm, atau jika desainnya memanjang ke bawah kami set dulu ukuran ke bawahnya maksimal di 40 cm.

Ukuran desain default di masing-masing konveksi memang berbeda-beda, disini kami menset di ukuran tersebut untuk efisiensi pemakaian film sablon. Entah di konveksi lain.
Film sablon dengan material polyfilm.

Tapi penentuan ukuran desain ini sebetulnya bervariasi caranya, yang telah kami sebutkan tadi itu murni pendekatan teknis.
Nah tapi jika pendekatannya adalah estetika maka ada variabel lain yang bisa jadi penentu. Dalam banyak order yang kami tangani variabel ini adalah yang kami sebut: "Look" atau mari kita definisikan dengan: "Bagaimana kaos ini secara keseluruhan ini akan terlihat bagus saat dipakai"

Mungkin kita pernah sesekali memakai atau melihat kaos yang desainnya tampak kebesaran atau kekecilan, atau penempatannya entah bagaimana serasa kurang pas. Nah disini faktor estetika berperan. Memang jadi terkesan lebih kompleks tapi proses penentuan ini layak untuk ditempuh.

 Ada beberapa faktor yang bisa jadi pertimbangan anda menentukan Look tadi:

1. Desainnya itu sendiri.
Sebagai contoh di konveksi ini ada satu brand yang biasanya menggunakan ukuran desain default dari kami dalam beberapa tahun, tapi baru-baru ini brand juga ikut menentukan ukuran desain agar desain-desain tertentu lebih sesuai diaplikasikan pada kaos. Dan yang lebih penting lagi bagaimana desain tertentu itu lebih pantas terlihat saat dipakai pelanggan mereka. Penting sekali itu!

2. Proporsi
Sebagai manusia dengan kebiasaan "banyakin kuahnya" saat di RM Padang, terkadang kita terjebak pada mindset menggunakan fitur yang paling maksimal walaupun kita tidak membutuhkannya, asalkan tidak berpengaruh pada harga. Misalnya begini, jika anda mengorder kaos kesini dengan harga basic di Rp. 55.000, lalu kami bilang jika desain berukuran 20 cm dan 28 cm akan sama saja harganya, mana yang akan anda pilih? pasti yang banyak kuahnya kan? hehe..
Padahal kadangkala kita harus lebih bijaksana dengan tidak terlalu banyak memakan kuah di RM Padang, kolesterol lho... Pada kasus kaos jika desain berukuran 28 cm akan terlihat terlalu besar dan tidak proporsional, sebaiknya ambil yang ukuran 20 cm. Tapi kalo keukeuh di 28 cm juga ya tidak apa-apa lho.

3. Tren
Definisi "Bagaimana kaos ini secara keseluruhan ini akan terlihat bagus saat dipakai" juga ditentukan oleh tren/kebiasaan yang berlaku pada masa kaos itu diproduksi. Misalnya pada saat artikel ini dibuat, kebanyakan kaos-kaos beraliran streetwear kami lihat ukuran desainnya cenderung kecil, maka jika customer memproduksi kaos beraliranserupa atau ingin kesannya seperti kaos streetwear (karena kepentingan marketing misalnya), tidak ada salahnya jika ukuran desainnya juga dibuat kecil seperti pada umumnya. Agar relevan dengan jaman. Hehehe...

Nah begitulah kawan-kawan tips dari kami dalam menentukan ukuran desain ini.
Semoga bermanfaat.


Artikel dari The Don's House, brand ini rata-rata menggunakan desain yang kecil untuk kaosnya.
mungkin 12 cm.

Ini diset 28 cm. Produk kaos reglan dari Saturpay.

Siapa Bilang Ukuran tidak Penting? Siapa Bilang Ukuran tidak Penting? Reviewed by TUKANG SABLON KEREN on July 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.