KAOS KADALUARSA

Kecuali Tuhan, saya kira semua yang ada di semesta ini tidak abadi, Tuhan lho yang bilang :), tidak terkecuali cat sablon.

Saya pernah ditanya bagus mana plastisol dengan rubber, seperti biasa jawaban saya: relatif, dalam beberapa kasus membandingkan dua jenis cat berbeda jenis dan bahan baku ini seperti head to head antara bala-bala (bakwan) dan gehu (tahu isi), sama-sama dimakan, tapi ya beda, tidak bisa dibilang mana yang lebih enak, jadi memang bukan buat dibandingkan dari segi kualitas. Lalu saya ditanya lagi awet mana diantara keduanya, saya jawab: dua-duanya punya tenggat kadaluarsa.

Pada dasarnya sepengalaman saya, setiap jenis cat ada kadaluarsanya, hanya bentuknya saja yang berbeda-beda, misalnya jika plastisol sudah pasti lama-lama akan retak (jangka waktunya berbeda-beda), rubber juga walaupun ada yang bertahan hingga bertahun-tahun, saya yakin dengan gerusan jaman, sabun colek, matahari (apalagi kalo ngga pake sunblock), lama-lama akan berakhir juga masanya, bisa mengelupas (saya alami juga), ada yang mengeras, atau hilang bajunya saat dijemur (nah lho). Begitu juga SW, walaupun bisa dikatakan tidak kadaluarsa karena sifatnya yang menyerap bahan (penjelasan tentang SW bisa dilihat di link ini) tetapi serabut pada bahan akan semakin muncul "mengalahkan" warna cat SW nya sendiri, jadinya belel kalo kata orang Sunda, katakan saja kadaluarsa, jadi kaosnya sudah tiba giliran untuk diganti dengan yang baru.

sumber foto: thedieline.com


Lalu bagaimana dengan kawan-kawan yang "fanatik" menggunakan baju tertentu bahkan hingga kaosnya lusuh karena sudah dicuci berulang kali dalam rentang tahunan, bukankah konsep kadaluarsa tadi jadi bias? hmm, saya kira untuk kasus seperti ini justru malah bagus, kami para pegusaha konveksi / sablon jadi tidak perlu bersusah-susah menjelaskan konsep kadaluarsa, karena untuk kasus seperti ini, efek vintage / used (dipakai) justru jadi menambah value dari kaosnya sendiri.

Kaos seperti ini seperti bilang: "F**K!! kadaluarsa", katanya ini kaos dari tahun 70-an, cek lelangnya di link ebay

Jadi, jika berbicara tentang material, saya pikir semua ada waktu kadaluarsanya, tetapi bila berbicara non-material, definisi kadaluarsanya akan sangat beragam. Ada orang yang membeli baju sebulan sekali beberapa baju, dan yang lama lalu disumbangkan (bukan gw banget haha..), ada juga yang bahkan sudah bertahun-tahun dipakai boro-boro mau disumbangin, malah mau dijual, hehe.. Ada juga seperti yang saya bilang tadi, sebetulnya baru beli kemarin, tapi sudah tidak bisa dipakai, soalnya hilang pas dijemur.

BTW, itu judulnya kurang keren yah?

Komentar

  1. judulnya keren ko!

    BalasHapus
  2. kl ada order bordir kaos kunjungi blog ane gan di: https://duniabordir.wordpress.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer