WE DON'T DO THE FAKE


Seorang teman memakai merchandise ASLI Skreen and Sound :)


Sempat beberapa calon klien bertanya panjang lebar, lalu kami jawab sebaik yang kami mampu. Setelahnya ada yang berlanjut menjadi sebuah kerjasama karena merasa saling cocok, sebagian ada juga yang terpaksa kami tolak, salah satunya karena kami ditawari untuk mengerjakan projek bajakan, KW, atau apapun istilahnya. Bajakan atau KW adalah jenis order yang menggunakan desain orang lain/brand orang lain untuk dibuat kembali tanpa seizin pemilik dan nantinya dijual kembali. Hmm.. sungguh sebuah kondisi yang tidak indah bukan? Semisal desain kaos dengan figur zombie-zombiean yang sedang hype di publik, lalu dengan tanpa merasa berdosa dijiplak, dan meminta kami untuk mencetakkan kembali gambar hasil jiplakan tersebut, tentu saja harus kami tolak. Oke,. sebisa mungkin kami tolak.


Terdengar naif mungkin jika kita berbicara dalam konteks tertentu, karena biasanya demi memenuhi target produksi, order jenis apapun diambil (asal kemungkinan resiko di"gerebek"nya kecil), hehe... tapi buat kami, sekalipun resiko itu tidak ada, kami akan keukeuh untuk tidak mengerjakan barang KW.


Salah seorang kru, sedang bekerja :)



Mungkin saja prinsip ini tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kami, tapi bukan itu motivasi kami. Kami memang hanya ingin terus menerus menjunjung tinggi nilai orisinalitas, mengapresiasi karya-karya asli, dan memutus rantai asumsi bahwa tempat produksi adalah selalu rentan dengan pembajakan (begitu yang kami dengar dari orang-orang). Kami hanya merasa kami adalah generasi baru yang saat ini masih diberikan kesempatan untuk memilih; idealis=don't do the fake=penghasilan biasa atau pragmatis=menampung segala jenis order=keuntungan berlipat. Tentu saja kami memilih menjadi idealis saja, ada nilai lebih meskipun bukan dalam bentuk material.

Komentar

  1. Mantap boss!memang harus seperti ituh..

    BalasHapus
  2. HAjjah DEsty...............lanjutkan mang

    BalasHapus

Posting Komentar

Entri Populer